Tips Memaksimalkan Jasa Jemputan Karyawan



Memiliki usaha jasa jemputan karyawan memang penuh tantangan. Seperti usaha lainnya, bidang ini juga memiliki kompetisi dan tantangan yang menunggu untuk ditaklukkan. Untuk dapat berhasil di bidang ini, perlu memahami peta persaingan dan kemampuan diri. Ya, kurang lebih perlu analisa SWOT-lah dalam bisnis ini.
Kalau melihat persaingannya sih memang butuh analisa seperti ini. Makanya dalam artikel ini saya akan berbagi bagaimana memaksimalkan usaha jasa jemputan karyawan yang kita miliki supaya maju dan laris.

Profiling Target Market

Pertama, Kita perlu mengenali target market kita. Lakukan profiling untuk menentukan dengan tepat. Jadi kita bisa tahu karakter market jasa jemputan karyawan kita seperti apa. Setelah tahu kita kategorikan mereka termasuk jemputan perorangan atau grup. Karena keduanya bisa sangat berbeda.
 Jika kategori pelanggan jasa jemputan karyawan kita termasuk per grup, maka yang diutamakan biasanya adalah harga. Jadi armada yang kita siapkan yang penting muat banyak, tidak perlu AC, music, apalagi cemilan. Masalah kenyamanan dan pelayanan mah nomor sekian, bisa disimpan di belakang. Ya, walaupun kalau ada itu semua, tentu bisa menjadi nilai tambah.
 Sebaliknya, jika target market jasa jemputan karyawan kita termasuk yang perorangan, biasanya lebih mengutamakan pelayanan dan kenyamanan. Mereka juga lebih rela untuk membayar lebih asal nyaman dan memuaskan. Maka jenis armada yang kita perlukan tidak perlu terlalu besar. Yang penting nyaman, tidak gerah, shockbacker masih hidup, dan suasananya juga menyenangkan.

Perluas Market

Jasa jemputan karyawan biasanya paling ramai hanya digunakan saat berangkat dan pulang pergi kerja saja kan? Sedangkan sisa waktunya masih sangat banyak. Perluas saja marketnya jangan hanya ke karyawan saja. Antar-jemput dropship, catering, marketing ritel. Asal terus bergerak saja, keuntungannya pasti berlipat-lipat.
Selain untuk jasa jemputan karyawan, bisa juga digunakan untuk jasa lain. Kerjasama dengan aplikasi online pun tak masalah, malah lebih bagus. Kalau frekuensi di perjalanannya tinggi, bisa juga ditawarkan sebagai jasa iklan. Tempel dengan stiker atau cat yang bisa diganti sebulan sekali. Tawarkan ke para pemilik usaha. Banyak deh yang mau, pastinya.

Tambah Layanan, Tambah Pemasukan

Kalau dirasa harga jasa jemputan karyawan tersebut terlalu rendah, bisa saja nego minta dinaikkan. Tentu
naiknya jangan semena-mena, perlu strategi. Berikan dulu layanan tambahan, kecil pun tak masalah. Setelah beberapa saat, baru infokan kenaikan harga. Jadi ada barter yang kita berikan di awal. Semua ini kan sebenarnya masalah pertukaran dan caranya saja.

Adakan Event, Minta Viralkan di Media Sosial Mereka

Ini untuk menambah pelanggan. Istilahnya kalau yang diatas tadi strategi intensifikasi, kalau yang ini ekstensifikasi. Keduanya harus dijalankan. Nah untuk menambah pelanggan jasa jemputan karyawan kita tentu macam-macam caranya. Tapi cara paling mudah dan paling murah adalah dengan memanfaatkan leverage yang sudah kita miliki, yaitu pelanggan kita dan media sosial yang mereka punya.
Caranya mudah saja. Cari challenge yang lagi viral, yang berkaitan dengan mobil, lalu ajak mereka melakukannya bersama. Jika tidak menemukan, buat challenge saja sendiri. Bilang saja untuk dimasukkan ke channel Youtube jasa jemputan karyawan kita. Kebanyakan orang senang kok kalau videonya yang kece di-upload. Hitung-hitung nambah popularitas mereka. Kalau berhasil kan bisa sekalian minta mereka share dan viralkan video promosi kita.
Nah, banyak cara untuk memaksimalkan usaha jasa jemputan karyawan yang kita miliki. Baik secara intensifikasi maupun ekstensifikasi. Intinya membutuhkan kreativitas dan inovasi. Dan kalau sudah pernah mencobanya sekali, biasanya ide-ide yang lain langsung berlompatan dari kepala kita. Berani mencoba. Semua pasti akan ada hasilnya.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Tips Memaksimalkan Jasa Jemputan Karyawan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel